Minggu, 24 Juli 2016

Kisah Seram Legenda SUMIATI Di Sulawesi

Kisah Hantu Sumiati 
cerita seram horror,blogspot.com
Eksistensi makhluk halus memang tidak pernah tergerus oleh jaman, bahkan sampai sekarang ini legenda hantu masih selalu menjadi topik yang hangat untuk di perdebatkan. Beberapa orang percaya jika makhluk gaib atau hantu itu memang ada di sekitar kita, namun tidak sedikit pula yang membantahnya dengan dasar ilmiah. Mungkin sekarang ini sudah banyak masyarakat di Kota Makassar dan Sulawesi Selatan pada umumnya yang tidak percaya akan keberadaan makhluk halus, namun sampai sekarang ini pun kisah-kisah legenda mengenai hantu di tanah Sulawesi masih terus ada, seperti Kisah Seram Legenda SUMIATI Di Sulawesi.


Cerita horror SUMIATI | KISAH SERAM LEGENDA SUMIATI

Sedikit bergeser ke beberapa tahun yang lalu, sekitar tahun 1980-1999 masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan di gemparkan dengan sebuah kisah hantu yang sangat melegenda. Sosok hantu wanita dengan wujud menyeramkan dikenal dengan nama hantu atau setan Sumiati. Hantu ini dikisahkan sebagai hantu mengerikan yang sering menampakkan wujudnya di hampir setiap sudut Kota Makassar, bahkan sampai ke pelosok-pelosok daerah.

Bagi warga Sulawesi Selatan kisah legenda hantu sumiati tentu tidak asing bagi mereka. Kisah legenda hantu ini sudah dikisahkan sejak belasan tahun yang lalu, dimana hantu ini disebut sebagai hantu wanita yang sering mengganggu para pria yang berbaju merah. Seperti kisah-kisah legenda lainnya, hantu sumiati pun di ceritakan dalam berbagai versi.

versi pertama Cerita horror SUMIATI | KISAH HANTU LEGENDA SUMIATI

Berdasarkan kisah sejarah yang banyak beredar Sumiati dahulu kala dikisahkan sebagai seorang wanita cantik yang merantau ke Kota Makassar. Hidup sebatang kara di tanah Makassar yang keras justru mampu membuat sumiati menjadi wanita yang digilai banyak pria. Namun, paras cantiknya justru menjadi asal mula petaka yang menimpanya yang juga merenggut kewanitaan dan nyawanya. Sumiati menjadi korban pemerkosaan oleh banyak orang pria, malangnya saat itu ia sama sekali tidak bisa mengidentifikasi pelaku ia hanya mengingat jika salah satu pelakunya berbaju merah. Sedih, tersakiti dan merasa sangat terhina Sumiati bunuh diri karena tidak sanggup menanggung malu.

Sumiati dikisahkan bunuh diri dengan menggantung dirinya di sebuah jembatan yang berada di sekitar Fort Rotterdam. Mayatnya di temukan warga beberapa hari kemudian dan akhirnya di bawa ke Rumah Sakit Pelamonia Makassar. Sejak kematian Sumiati terornya pun di mulai.

Rumah Sakit Pelamonia Tempo Dulu


versi kedua Cerita SETAN SUMIATI | KISAH NYATA LEGENDA SUMIATI

Ada banyak versi asalnya. Ada yang menyebutkan Sumiati dulunya hidup di masa kolonial Belanda. Ada yang menyebutnya dia hidup di masa modern (seperti halnya urban legend pada umumnya yang memiliki berbagai versi). Menurut informasi dia berasal dari daerah Pinrang yang merantau ke Makassar.

Sumiati saat itu sudah bersuami. Ketika ditinggal suaminya yang pergi melaut (massompe), parasnya yang cantik mengundang banyak orang untuk mencuri hatinya, walau jelas-jelas dia sudah menikah. Tentu saja dia menolak. Tetapi ada salah satu pria tidak menerimanya.

Pada satu malam, pria tersebut dengan teganya memperkosa Sumiati. Tidak jelas pria itu siapa. Sumiati pun tidak bisa melihatnya karena kondisi yang gelap. Tetapi satu-satu hal yang dia ketahui adalah. Pria itu berpakaian warna merah saat itu. Sumiati akhirnya hamil. Tidak sanggup menanggung aib ini, dia akhirnya menggantung dirinya. Posisi tempat dia bunuh diri konon berdekatan dengan Benteng Rotterdam.

Di sini ada beberapa versi yang menceritakan belakangan jasad Sumiati dibawa ke RS Pelamonia lalu di area Beroanging, Sumiati dimakamkan. Itu sebabnya Sumiati juga dikabarkan menghantui rumah sakit tersebut

KISAH PENAMPAKAN HANTU SUMIATI

Setelah beberapa tahun kematiannya, hantu Sumiati dikisahkan bangkit dari alam kubur dan ingin membalas perbuatan bejat yang di terimanya. Kisah tersebut di mulai sekitar tahun 90-an yang diawali dengan kisah penampakan hantu wanita di pohon beringin tua di salah satu kawasan hutan lindung di Sulawesi Selatan. Kisah penampakannya sempat menggegerkan banyak orang, bahkan hingga merambah ke berbagai sudut kota di Makassar.

Kisah penampakan hantu Sumiati yang paling terkenal adalah penampakan hantu wanita di daerah Fort Rotterdam, daerah pantai Losari dan juga di Rumah Sakit Pelamonia dimana jasadnya dimandikan sebelum di kuburkan.

Setan Sumiati sempat menghebohkan Makassar semenjak tahun 1990an, karena terlalu sering muncul kabar penampakan dari korban. Kisah penampakan itu baru berangsur-angsur hilang lewat 2000. Berikut ini merupakan salah satu cerita penampakan yang didapatkan Cerita Seram.

Salah Satu Cerita Penampakan Setan Sumiati

Pada tahun 1999 an, Teman kakak saya sedang naik motor menuju rumahnya. Saat itu dia baru pulang kerja. Kondisinya sudah larut malam, mungkin sekitar pukul dua dini hari. Jam segini di jalan raya sudah pasti sunyi. Kendaraan pun jarang terlihat.

Saat dia sedang bawa motor, alangkah terkejutnya dia melihat seorang perempuan melambai-lambai ke arahnya. Seperti meminta dia untuk memberi tumpangan. Saat itu dia mengacuhkan perempuan itu. (Mungkin dia pikir wanita itu bukan wanita baik-baik, lagipula mencurigakan di tengah malam-malam menghentikan motor).

Setelah membawa motor beberapa meter, ia kembali terkejut, karena ada perempuan yang melambai-lambai. Tetapi masalahnya, itu adalah perempuan yang tadi!!!

Dia dari kejauhan memperhatikan kaki perempuan itu. Memang tidak ada kakinya. Perempuan itu melayang!.

Teman kakak saya langsung tarik gas habis. Setelah melewati cewek itu, dia tetap merasa tidak enak. Jadi dia coba mengintik ke belakang lewat kaca spion. Alangkah terkejut soalnya perempuan itu TERBANG MENGEJARNYA!!

Kisah Hantu SUMIATI

Untungnya dia tidak diapa-apain. Akhirnya selamat sampai di rumah dan menceritakan ke keluarga. Keesokannya dia juga cerita ke temannya (salah satunya kakak saya). Kata teman yang lain, itu kalau tidak salah adalah rumah tempat tinggal Sumiati dulunya. Tetapi mengapa mengejar teman kakak, masih tidak jelas. Untungnya tidak terjadi kecelakaan gara-gara penampakan saat membawa motor.

Konon hantu legendaris ini tidak berbahaya saat ia tampak dengan baju putih-putih, namun hal tersebut berubah saat ia menampakkan wujudnya dengan baju merah. Konon, menurut kisah legendanya jika hantu Sumiati menampakkan wujudnya dengan berbaju merah maka baju merah tersebut akan jadi korban nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar